Senin, 31 Desember 2012

Canda di Atas Tanah Belulang : Pemenang Turnamen Foto Perjalanan Ronde 9

Memilih tema Anak-Anak untuk Ronde 9 Turnamen Foto Perjalanan dan mengajak orang untuk ikut berbagi pengalaman bersama anak-anak yang pernah hadir dalam perjalanannya hampir membuat saya menyesal! Pasalnya sulit sekali untuk mencoba menyelami dan memahami setiap perasaan yang dilibatkan dalam setiap foto dan caption yang masuk, walaupun saya tau perasaan itu pastinya spesial dan mendalam bagi masing-masing peserta. Paling tidak, dari situ saya semakin yakin kalau setiap momen bersama anak-anak sedikit banyak meninggalkan kesan tersendiri.

Dan akhirnya pilihan saya jatuh pada foto unik ini.

Canda di Atas Tanah Belulang

Made Tozan Mimba

Framing dan teknik pengambilan gambarnya sederhana, warnanya pun hitam putih saja, tapi foto ini menawan hati!

Ini adalah Achintya dan seorang anak laki-laki temannya, mereka pemukim di Desa Trunyan di Bali. Desa dengan tradisi meletakkan jasad siapapun yang telah meninggal dunia hingga menjadi tulang belulang. Anehnya, tradisi peletakan jenasah ini tidak meninggalkan bau tak sedap sedikitpun. Magis? Mistis? Ah, saya tidak tau.

Achintya berarti simbolisasi Tuhan Yang Tidak Tergambarkan dalam filosofi Hindu Bali. Ada yang bilang anak perempuan ini adalah calon juru kunci di Desa Trunyan.

Apakah saya tersihir oleh ekspresi anak ini? Ah, itu juga saya tidak tau.

I just think that Achintya is one of a kind little girl and that what makes this photo one of a kind too!

Sedikit cerita tentang Achintya bisa dibaca di sini.


Terima kasih untuk ke 55 partisipan Turnamen Foto Perjalanan Ronde 9! 
Let's keep traveling, keep writing and keep inspiring!

2 komentar: